Mengaktifkan KEmbali Iman Kita, Refleksi Hijriyah Bagi Para GURU KU di SMKN 4 Padang

BAGIKAN:

facebook twitter pinterest line whatapps telegram

Oleh darwin
Jumat, 25 Desember 2009 15:21:46 Klik: 2643

 

MENGAKTIFKAN KEMBALI “IMAN” dan “ISLAM” KITA

Sahabat, ternyata tidak cukup jika kita hanya mengaku bahwa kita adalah seorang muslim, seorang mukmin, pengakuan itu akan menjadi sia-sia ketika kita dihadapkan kepada suatu pembuktian, pembuktian keislaman, pembuktian keimanan.

Iman akan dapat dibuktikan ketika fungsi iman masih bersemi dalam diri kita, secara umum fungsi iman antara lain adalah : Pencegah, mencegah seseorang dari bertindak diluar ketentuan ilahiah, Kemudian Pendorong, Mendorong seseorang agar senantiasa menyadari keberadaan dirinya sebagai seorang hamba Allah yang wajib patuh dan taat kepada-Nya, Kemudian Fungsi lain adalah Pemberi semangat, memberikan ruh semangat yang luar biasa kepada seseorang agar tetap mampu berjalan di koridor  ilahi, meskipun itu adalah sesuatu yang sulit.  Para sahabat rasul telah membuktikan semua fungsi ini dengan baik, hal ini dibuktikan dengan semangat iman yang mereka miliki sekalipun nyawa yang menjadi taruhannya mereka siap dan tegar untuk itu, Bilal Ibn Rabah, sahabat yang luar biasa ini mengawali keimanannya dari titik yang paling Nadir dari hidup manusia yaitu ”Hamba sahaya’’ Atau Budak yang direnggut semua hak hidupnya ada ditangan  orang lain, tapi dengan iman yang begitu menggebu semua rintangan yang beliau hadapi seolah hanya sebuah pembuktian betapa sempurna imannya, semua ujian yang dihadapi seolah senyuman bidadari yang sedang menari dengan wewangian kasturi. Dan masih banyak sahabat Rasulullah lainnya yang mungkin Sahabat sudah membacanya!!!

Lalu bagaimana dengan Iman Kita?

Pertanyaan yang sering kita dengar tentunya, namun pernahkan kita terdiam sejenak dan berfikir tentang hal ini, berfikir jauh tentang gurun tandus keimanan yang kita miliki, merenung sejenak tentang kifrah iman kita selama hayat, mengira-ngira posisi iman kita di antara iman-nya orang-orang saleh,? Mungkin jawabnya bahkan mengejutkan kita sebagai pemilik  iman. Fase-fase hidup kita telah banyak kita lalui namun apakah kita pernah menemukan sebuah oase dalam iman yang menyegarkan dan membuat kita bahagia karena kita merasa di hargai oleh yang maha atas segalanya?

Sahabat!!!

Sebenarnya kita memiliki itu, kita memiliki iman, kita memiliki oase itu, tapi kita tidak menyadarinya.

Kita punya iman, tapi iman kita tidak aktif, kita telah menjadi muslim tatapi islam kita hanya fasif, sahabat  bila iman kita hanya fasif maka ia tidak akan membawa manfaat bagi kita, ibarat sebuah telpon genggam yang bila di off kan akan sulit menerima panggilan, oleh karena itu iman yang fasif juga tidak akan mampu menerima semua kebenaran ilahiah, begitu banyak ajakan-ajakan mulia yang sering kita dengar, tapi tidak mampu membawa kita pada kesadaran haikiki, tidak mampu membangunkan kita dari kealfaan abadi dalam hidup.

 untuk itu aktifkan kembali iman itu, tangkap semua sinyal ilahiah yang ada di sekitar kita, jangan jadikan iman kita iman seorang pecundang, bangun kebahagiaan dalam diri kita melalui iman.

Bila iman telah berfungsi tidak hanya individu yang akan merasa bahagia bahkan seluruh jagad raya akan merasakannya.

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى ءَامَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ وَلَكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

“ Seandainya penduduk suatu negeri beriman dan bertaqwa niscaya kami bukakan keberkahan dari langit dan bumi, tapi sayang, mereka justru banyak yang mendustakan agama Allah, maka kami mengazab mereka atas apa-apa yang mereka lakukan (QS. Al-‘Araf :96)”

Sahabat !!!

Kesulitan yang kita rasakan timbul akibat iman kita tidak berfungsi baik.

 

Sahabat,……….

Jika kita seorang guru, jadilah guru yang beriman, yang membimbing siswanya menuju kebaikan hidup, karena iman tidak hanya pada ranah belajar agama, tapi semua lini kehidupan,

Jika kita telah beriman, maka jadilah orang yang selalu memacarkan cahaya iman dan bagikan pada orang lain, karena itulah tugas kita.

 

Padang, 23 Desember 2009.

 

 
Berita Aktual Lainnya

Video Pilihan


Peringatan Hari Ulang Tahun SMKN 4 Padang ke 57

SMK PK Skema Pemadanan “ Kolaborasi Pendidikan Vokasi ...

Profil SMKN 4 Padang 2014

si BUYUNG - Film Animasi karya siswa multimedia SMKN 4 ...

Profil Jurusan Seni Lukis tahun 2021

Terakhir - VideoClip

Wooden Boy - Film Animasi karya siswa SMKN 4 Padang

ILM tentang bahaya gadget by Nurul Maisarah
Login
Username:

Password:

  Registrasi?
Advance
Selamat Datang :
Guest(s): 0
Member(s): 0
Total Online: 0
NISN
test