Hasil Free Audit SMKN 4 Memuaskan

BAGIKAN:

facebook twitter pinterest line whatapps telegram

Oleh arif
Kamis, 13 Nopember 2008 05:41:02 Klik: 3147

Upaya SMKN 4 Padang untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001:2000 akhir tahun  ini segera terealisasi. Hal itu terungkap dalam Free Audit yang dilakukan oleh badan sertifikasi internasional SAI Global, Senin (10/11) lalu. Badan sertifikasi asal Australia tersebut, memberikan rekomendasi pada manajemen SMKN 4 Padang untuk melangkah ke Audit Eksternal, sebagai bagian akhir untuk mendapatkan sertifikat pengakuan manejemen mutu.

 

"Kami merasa puas berkerjasama dengan manejemen SMKN 4 Padang. Dalam pemeriksaan tadi, tidak ada temuan mayor (berbahaya). Free Audit yang baru saja dilakukan, hanya menemukan temuan kecil yang tidak perlu dirubah, cuma perapian dokumen sekolah yang masih sedikit kurang dilengkapi. Untuk  fisik sekolah perlu pemeliharaan berkelanjutan. SMKN 4, masih punya kesempatan untuk memperbaiki temuan tersebut, sebelum audit ekternal nanti. Jadi, SMKN 4 sudah bisa melakukan audit eksternal dalam waktu dekat, "jelas Ahmad Fauzi Nasution, auditor dari SAI Global.

 

Wakil Manajemen Mutu (WMM) Indriyedi, S.Pd, MT yang dihubungi via handphone seusai rapat penutupan  pasca free audit, mengatakan SMKN 4 sudah 90 persen siap untuk menyonsong audit eksternal yang direncanakan  24-25 November mendatang.

 

“Auditor, merasa puasa dengan perubahan yang sudah kita lakukan, mulai dari menata kembali dokumen data-data sekolah yang belum lengkap, agar terarsip dengan baik, menegakkan disiplin guru dan siswa, menata lingkungan sekolah agar kelihatan bersih dan hijau, sampai kepada mendengarkan keluhan siswa dengan pelayanan yang kita berikan. Jadi tak salah kalau SMKN 4 direkomendasikan untuk audit ekternal,”terang Indriyedi

 

Bahkan, guru jebolan S2 ITB Bandung tersebut menyebutkan auditor memuji kebersihan SMKN 4.  “Saat auditor memantau kebersihan WC, dia (auditor-red) merasa nyaman, artinya tidak tercium bau WC yang menyangat. Tidak seperti sekolah lainya, maaf bukan mengnyidir, jelang kita masuk ke WC siswa itu, sudah terbau aroma yang tidak sedap. Nah, saat auditor memantau WC kita, dia tidak merasakan aroma yang tidak sedap itu. Berarti, temuan plus bagi kita, dan itu salah satu upaya perubahan yang sudah kita lakukan. Ya semoga saja dengan kondisi tersebut kita bisa mempertahankan dan memelihanya lagi,”kata Indriyedi

 

Sementara itu, Waka Humas SMKN 4 Hj. Nirmawati, S.Pd merasa optimis sertifikat ISO mampu diraih tahun ini. “Kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan perubahan terhadap sekolah dari berbagai segi. Bisa kita lihat bersama hasilnya sekarang, fisik sekolah sudah kinclong, kalau tidak percaya silahkan datang,”terangnya tanpa memperinci lebih detail.

 

“Kami dari siswa juga berharap sertifikat ISO bisa diperoleh sekolah. Jika itu terwujud, sekolah diminta betul-betul mendengarkan keluhan yang kami rasakan dengan pelayanan selama ini. Kami bersyukur, keluhan pertama sudah ditindaklanjuti, yaitu minta ruang kelas dicat dan tempat sampah diperbanyak, agar kelihantan bersih. Untuk keluhan kedua tunggu. Semoga dengan diperolehnya sertifikat ISO nanti pelayanan betul meningkat, tidak saja dalam berusaha mendapatkan sertifikat ISO, sekolah  meningkatkan pelayanan tapi sesudahnya juga demikian (kontiniu),” tutur Shinta pelajar SMKN 4. (***)

 

 

 
Berita Berita Pendek Lainnya

Video Pilihan


si BUYUNG - Film Animasi karya siswa multimedia SMKN 4 ...

KUNJUNGAN ANGGOTA DPRD PROVINSI SUMBAR DALAM RANGKA ...

Herisman Tojes Pelukis Nasional Surealisme dari SMKN 4 ...

Wooden Boy - Film Animasi karya siswa SMKN 4 Padang

LAUNCHING BLUD 28 SMK SE SUMATERA BARAT

Desain Interior dan Teknik Furnitur SMK N 4 Padang

Cara memilih sekolah lanjutan pada PPDB Online Sumatera ...

Kucing Ayu Asri
Login
Username:

Password:

  Registrasi?
Advance
Selamat Datang :
Guest(s): 0
Member(s): 0
Total Online: 0
NISN
test