Dari Ekspedisi Seni Rupa 2007 GOA NGALAU Fenomena Alam Nan Menakjubkan, Rancak untuk Melukis

BAGIKAN:

facebook twitter pinterest line whatapps telegram

Oleh aimdbest
Minggu, 13 Mei 2007 12:37:34 Klik: 2678
Jalan-jalan ke ngalau
Klik untuk melihat foto lainnya...

Goa Ngalau di Payakumbuh sudah ditemukan semenjak berkuasanya Belanda dan Jepang di Sumatera Barat, namun tahun diketemukannya belum ada yang pasti. Konon, keberadaan goa tersebut, dipergunakan oleh Belanda dan Jepang sebagai tempat pengunsian, persembunyian dan tempat pelarian tentara pada zaman perang. Buktinya terdapat pada dinding goa tersebut tulisan-tulisan Jepang (Kanji) yang sudah lama sekali tertulis.

Goa yang terdapat di kawasan Kona Nan Ampek, kecamatan Payakumbuh Barat ini, memiliki panjang lebih kurang 100 meter dan lebar lebih kurang 50 meter. Selain itu informasi yang didapat menyebutkan, goa ngalau ini ada dua buah. Tapi hanya satu baru bisa diolah menjadi tempat wisata dengan sarana penerangan yang cukup memadai. Sedangkan, goa satu lagi belum bisa dipakai karena sulitnya mencapai medan serta pemasangan sarana penerangan yang memerlukan starategi matang.

Masuk ke goa Ngalau ini akan terlihat batu-batu cadas yang bergantung dengan tekstur yang menarik batu ini disebut Stalaktit. Begitu pula pada dasar goa juga ada batu cadas yang berbentuk tunggulan-tunggulan, disebut Stalaknit. Tak sekedar itu, di dalam goa Ngalau ini juga memiliki 8 batu-batu mistik dengan beragam perawakkan. Satu hal yang membuat goa ini sedikit mistik yaitu bunyi kelelawar berterbangan.

Ketika memasuki tahun 1976 pemerintah kota menjadikan goa Ngalau sebagai tempat objek wisata. Sampai saat sekarang, goa tersebut sering kali dikunjungi turis asing dan lokal. Bagi manusia kreatif goa ini sering dipakai sebagai tempat berkesenian, diantaranya pernah dimanfaatkan seniman untuk membuat film laga, film perjuangan kemerdekaan, tempat syuting nyayi tempat melukis, memotret dan lain sebagainya. Untuk itu telusuri lah ojek wisata yang terletak di Sumatera Barat ini. Nah, bagi seniman tempat ini sangat cocok sekali dijadikan sebagai tempat memuaskan ekspresi lewat melukis ataupun momtret, karena nuasa alam yang khas terdapat disini.

 
Berita Berita Pendek Lainnya

Video Pilihan


Dirjen Pendidikan Vokasi Bapak Wikan Sakarinto ...

Profil Jurusan Seni Lukis tahun 2021

Profil SMKN 4 Padang 2014

KUNJUNGAN ANGGOTA DPRD PROVINSI SUMBAR DALAM RANGKA ...

Cara memilih sekolah lanjutan pada PPDB Online Sumatera ...

Surga Untuk Mama

si BUYUNG - Film Animasi karya siswa multimedia SMKN 4 ...

Terakhir
Login
Username:

Password:

  Registrasi?
Advance
Selamat Datang :
Guest(s): 0
Member(s): 0
Total Online: 0
NISN
test