Kompetisi Seni Lukis Remaja Nasional 2006

BAGIKAN:

facebook twitter pinterest line whatapps telegram

Oleh ysri
Minggu, 08 Oktober 2006 16:37:09 Klik: 1935

(Art-ysri, 3/10/06)Mengulang kesuksesan kompetisi seni lukis tahun lalu, Dinas Permuseuman DKI Jakarta dan YSRI menggelar lagi kompetisi serupa, kali ini untuk tingkat nasional. Kompetisi sekaligus bertujuan memunculkan bibit-bibit baru untuk regenerasi para pelukis.

Di sini, YSRI akan membina para pemenang kompetisi dalam bentuk pemberian beasiswa pendidikan dan latihan seni lukis di bawah bimbingan para perupa ternama di dalam maupun luar negeri.

Tema

Kota Toeakoe "? Tjintakoe

Peserta & Karya

Kompetisi terbuka bagi remaja seluruh Indonesia, berusia 13--18 tahun, dengan menunjukkan KTP atau surat keterangan lainnya (kartu pelajar, Kartu Keluarga). Karya berupa lukisan di atas kertas atau media lainnya dengan sisi minimum 60 cm dan maks 150 cm. Bahan lukis bebas (cat air, krayon, cat minyak, akrilik, media campuran dll) dan teknik bebas.

Peserta boleh menyerahkan maksimum tiga karya, disertai tulisan yang menjelaskan karya. Karya diserahkan paling lambat 22 November 2006 di Sekretariat YSRI (Panitia).Panitia tidak menanggung biaya pengiriman ke Sekretariat YSRI.

Alamat Panitia

Sekretariat YSRI, Gedung B Galeri Nasional Indonesia, Jl Medan Merdeka Timur 14, Jakarta 10110, telepon (021)386 1603, faks 386 1535, e-mail ysri_seni@yahoo.com; web www.art-ysri.or.id.

Pelaksanaan Kompetisi

Kompetisi terdiri dari dua tahap, Lomba Karya Lukis tentang kota tua, yaitu lukisan mengenai kota tua sesuai persepsi setiap peserta. Tim Juri akan menentukan 60 karya Finalis, yang selanjutnya akan dipilih lagi untuk mendapatkan Lima Karya Terbaik.

Tahap kedua, ke 60-Finalis akan diundang untuk mengikuti Lomba Karya Lukis On The Spot, melukis langsung di lokasi Kota Tua Jakarta. Di sini, Tim Juri akan menetukan 5 Karya Pemenang.

Catatan: untuk mendapatkan ide, sehari sebelum kompetisi para Finalis akan diajak berkeliling Kota Tua Jakarta. Panitia menyediakan akomodasi bagi peserta dari luar Jakarta.

Tim Juri

Tim Juri terdiri Agus Dermawan T (kritikus seni), Astari Rasjid (perupa), dan Suwarno Wisetrotomo (pendidik dan pengamat seni). Tim Juri akan menilai karya-karya yang memenuhi ketentuan tema, media, teknik, pengembangan kreativitasnya, serta tulisan penjelas karya.

Pengumuman & Pameran Pengumuman Karya Terbaik dan Karya Pemenang dilaksanakan pada 10 Desember 2006. Adapun pameran digelar di Senayan City, Jakarta pada 1--31 Desember 2006.

Hadiah & Hak Kekaryaan

Hadiah dbagikan pada 10 Desember bagi para pemenang Lomba Seni Lukis berupa sejumlah uang masing-masing bagi Juara Pertama sebesar Rp 7,5 juta, Juara II Rp 5 juta, dan Juara III Rp 2,5 juta; dua Juara Harapan masing-amsing akan memperoleh Rp 1 juta.

Panitia Pelaksana akan mengembalikan karya-karya seluruh peserta, kecuali Karya Terbaik dan Karya Pemenang, yang akan menjadi milik YSRI. Panitia Pelaksana dan Pemprov DKI Jakarta berhak mempublikasikan karya-karya itu untuk keperluan promosi dan untuk kepentingan lainnya sepengetahuan para peserta.

(Art-ysri)

 
Berita Berita Pendek Lainnya
Login
Username:

Password:

  Registrasi?
Selamat Datang Tamu!
Guest(s)online: 3

No Members are currently logged in.
Advertorial