SMKN 4 Padang, KOMIT TERAPKAN ISO 9001 : 2000

BAGIKAN:

facebook twitter pinterest line whatapps telegram

Oleh aimdbest
Rabu, 16 Januari 2008 17:09:02 Klik: 2538
Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang
Klik untuk melihat foto lainnya...
ISO 9001:2000 merupakan sebuah standar mutu dan manajemen yang diukur secara internasional. Jika dalam pelaksanaanya SMKN 4 Padang terus komit dalam melaksanakan prosedur-prosedur yang ditetapkan ISO, diantaranya memenuhi kepuasan pelanggan (siswa, orang tua, dunia usaha dan industri dari segala bidang) maka, saatnya nanti, mutu dan manajemen di SMKN 4 memperoleh pengakuan internasional melalui anugerah sertifikat ISO oleh badan sertifikasi yang telah ditetapkan. Jika SMKN 4 Padang tak melaksanakan prosedur ISO secara konsisten dan tak mampu memberikan kepuasan pada pelanggan, upaya tersebut sia-sia belaka dan hanya bersifat seremonial.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang bapak H.M Nur Amin, M.Pd yang menjadi saksi kekomitmenan warga sekolah tersebut, Senin (14/1) lalu, berharapan komitmen yang dilakukan sekolah bukan hanya ingin mencari muka semata. "Komitmen tidak sama dengan janji. Komitmen membutuhkan waktu dan usaha untuk membuktikannya. Beda dengan janji, yang kapan saja bisa diucapkan," harapnya, ketika ramah tamah dengan sejumlah guru dilingkungan SMKN 4 Padang.

Ditambahkannya, untuk mendapatkan sertifikat itu mudah. Tapi apa sikap kita sesudah meraih sertifikat tersebut?. "Itu yang sulit," singkatnya.

"Untuk menciptakan mutu dan manajemen yang baik itu perlu perencanaan yang matang, pelaksanaan yang serius serta mesti dievaluasi dari setiap kinerja yang kita lakukan, sehingga hasil berikutkan akan lebih baik," tukasnya.

Pengukuhan komitmen tersebut juga dibarengi dengan pembubuhan tanda tangan oleh seluruh guru, karyawan dan siswa sebagai bukti fisik keseriusan warga SMSR menerapkan ISO.

Kepala SMKN 4 Padang Pak Jamaris yang memulai pertama, menuliskan tanda tangan diatas kanvas berukuran 1x1 meter tersebut, menampakan raut wajah yang optimis. "Bismillahhirrahmanirrahim", ucap orang nomor satu di SMKN 4 Padang itu ketika memulai menuliskan tangan tangan di saksikan Kadisdik Pak Nur Amin.

Selanjutnya diikuti oleh perangakat pengurus ISO yang dikomandoi Pak Indriyedi,S.Pd, MT seterusnya dilanjutkan oleh sejumlah, guru, karyawan, OSIS dan siswa dilapangan upacara bendera SMKN 4 Padang.

Pak Indriyedi, S.Pd, MT yang dipercaya merangkul jabatan Wakil Manajemen Mutu (WMM) mengatakan, penulisan bukti fisik dengan pembubungan tangan tanda tersebut perlu dilakukan. Agar warga sekolah yang berkomitmen benar-benar membuktikan kekomitmenannya tersebut. "Tanda tangan itu, bukti fisik bagi kita untuk memberikan reward and punishment kepada guru dan siswa. Jadi mereka tak bisa mengelak lagi. Komitmen yang mereka ucapkan dan buktikan dengan tanda tangan mesti dijalankan dengan ikhlas dan bertangung jawab," pesan guru jebolan S2 ITB ini.

Kata guru yang akrap disapa Pak In tersebut, SMKN 4 Padang kini tengah memasuki tahap implementasi ISO dan akan masuk pada pembuatan prosedur-prosedur sesuai tugas masing-masing guru atapun pimpinan sekolah. "Dalam planning ISO SMKN 4, kami menargetkan awal tahun ajaran mendatang, SMKN 4 sudah meraih sertifikat ISO," optimisnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Konsultan ISO SMK 4 dari SMKN 6 Padang yang diwakili Pak Ariswan, M.Pd. Disamping menyaksikan pengukuhan komitmen warga SMK 4, Pak Ariswan juga memberikan pemahaman tentang langkah selanjutkan yang akan dilakukan SMK 4 sesudah implementasi.
Selamat...!

 
Berita Aktual Lainnya

Video Pilihan


Profil Jurusan Desain Komunikasi Visual SMK N 4 Padang

0:25 / 3:26 LIYONKEY KHOIRI - SUPERKOMPUTER ( ...

Profil Kompetensi Keahlian Animasi 2021

Cara Siswa Baru Daftar Ulang Memasukan Biodata Di Sisfo ...

Tutorial Sketchup membuat Desain Bangku/Kursi Untuk ...

Surga Untuk Mama

ILM tentang bahaya gadget by Nurul Maisarah

Cara Pengisian Data Siswa Baru SMKN 4 Padang
Login
Username:

Password:

  Registrasi?
Advance
Selamat Datang :
Guest(s): 0
Member(s): 0
Total Online: 0
NISN
test