OSIS SMKN 4 Padang Sertijab

BAGIKAN:

facebook twitter pinterest line whatapps telegram

Oleh aimdbest
Rabu, 14 Nopember 2007 18:58:34 Klik: 3643
OSIS SMKN 4 Padang akhir dilantiknya sekaligus serah terima jabatan (Sertijab) dengan OSIS lama, 12 November 2007 lalu, setelah Rahmad Hidayat terpilih menjadi ketua OSIS baru pada pesta demokrasi Pemilihan Ketua OSIS (Pilketos) yang dihelat akhir Agustus lalu. Pelantikan yang digelar di lapangan upacara bendera tersebut, dihadiri ratusan siswa dan guru se-lingkungan SMSR. Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan Kota Padang untuk sekolah kesenian Pak Drs. A M Y Datuak Garang, M.Pd yang dipercaya melantikan calon pemimpin muda masa depan ini mengatakan, agar para kandidat terpilih bisa menjalankan amanah yang sudah dipercayakan sekolah kepada mereka. "Jangan hanya berjanji, tapi bukitkan !," ujarnya singkat usai pelantikan.
Acara pelantikan yang berlangsung khidmat tersebut, juga disertai dengan pengucapan janji oleh para pengurus OSIS terpilih. Diantaranya, Rahmat dkk, berjanji akan bekerja secara profesional dan tak akan mencapur adukkan urusan organisasi dengan urusan pribadi, belajar di sekolah ataupun di rumah.
Usai mengucapkan janji dihadapan ratusan peserta upacara, Soeb Ketos priode 2006/2007 menyerahkan bendera OSIS kepada pengawas sekolah yang disaksikan langsung kepala sekolah Drs. Jamaris. Bertanda tongkat estafet kepemimpian Soeb sudah berakhir. "Atas nama sekolah, saya serahkan petaka (bendera OSIS) ini kepada Rahmat Hidayat dan kawan-kawan untuk diamanahkan memimpin OSIS SMKN 4 Padang priode 2007/2008, agar dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Terimalah...!", ucap pak Datuak Garang, sembari menyerahkan bendera OSIS kepada Rahmat. Lanjutnya, kepada masing-masing pengurus OSIS yang sudah serah terima jabatan diminta untuk menandatangani berita acara pelantikan dan serah terima.
Rangkaian kegiatan pemilihan Ketua OSIS dilingkungan sekolah seni rupa ini dilakukan secara langsung. Panitia Pelaksana Sukses Pilketos (P2SP) yang menggawangi pelaksanannya melaksanakan pemilihan orang nomor satu dikalangan siswa itu secara demokrasi. Pilketos (pemilihan Ketua OSIS) ini disetting mirip dengan pelaksanaan Pilkada di berbagai daerah. Mulai dari penseleksian bakal calon sampai kepada pemilihan secara langsung oleh siswa. Dari 100 formulir bakal calon yang disebar P2SP kepada 300 lebih siswa di sekolah seni rupa ini, 76 dinyatakan lolos seleksi tahap pertama.
Dari 76 tersebut diseleksi kembali, sehingga hanya 9 kandidat yang lolos seleksi berlaga merebutkan kursi nomor satu di SMSR. Sembilan kandidat itu ialah Rahmat Hidayat, Peggy Capricontya, Ira Rahmi, Shinta Febrina, Fristalina, Januria Haryanti, Suci Wulandari, Belinda dan C Roham. Mereka yang terpilih telah dipastikan untuk menduduki bangku OSIS.
Setelah ditetapkan sebagai kandidat mereka ini diminta untuk berkampaye dihadapan ratusan pelajar, sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan P2SP. Saat kampanye berlangsung, ada yang memasang poster di papan pengumuman sekolah, berkampaye dari lokal ke lokal, bahkan ada yang rela mengorek kocek untuk mentraktir teman-temannya (tim sukses) makanan di kantin.
Dirangkaian acara pemilihan atau pencoblosan kandidat, P2SP masuk ke lokal-lokal untuk meminta para siswa mencoblos calon ketua OSIS yang diinginkan. Itu dilakukan pada bilik suara yang telah disediakan. Lanjuytnya, mereka diminta untuk memasukkan kertas pemilihan ke kotak suara, sembari mencelupkan kelingking kiri ke tinta hitam yang disediakan sebagai tanda telah mencoblos. Usai mencoblos, P2SP langsung melakukan penghitungan suara yang disaksikan oleh kepala sekolah Bapak Drs. Jamaris. Hingga akhir pemilihan siang itu, Rahmat Hidayat dinyatakan menang mutlak atas delapan kandidat lainnya dengan perolehan 126 suara (ketua), disusul Peggy 40 suara, Roham 40 suara (wakil) Ira Rahmi dan Shinta 35 suara (sekretaris) dan Fristalina 15 suara (bendahara).
Sampai hari ini Rahmad Hidayat dipercaya memegang kendali OSIS di SMKN 4 Padang untuk satu tahun kedepan. "Saya dan kawan-kawan akan berupaya semaksimal mungkin untuk menyemarakkan kompetensi siswa dibidang kesiswaan ini, salah satunya dengan lebih memperbanyak dan memepertajam kegiatan-kegiatan ekskul," janjinya. Selamat bagi pengurus OSIS terpilih, semoga bisa membawa pencerahan yang lebih baik lagi bagi kinerja OSIS SSRI/SMSR/SMKN 4 Padang kedepannya.
 
Berita Aktual Lainnya

Video Pilihan


PAMERAN INTERIOR DUA SEKOLAH PUSAT KEUNGGULAN RESMI ...

Behind The Sound SURGA UNTUK MAMA

Cara Siswa Baru Daftar Ulang Memasukan Biodata Di Sisfo ...

Kemeriahan HUT ke 78 RI di SMKN 4 Padang

Multimedia SMK N 4 PADANG lounching film karya siswa ...

0:25 / 3:26 LIYONKEY KHOIRI - SUPERKOMPUTER ( ...

YANG TIDAK HIJAU - SHORT MOVIE

Karya siswa multimedia SMKN 4 Padang - Juara 3 Iklan ...
Login
Username:

Password:

  Registrasi?
Advance
Selamat Datang :
Guest(s): 0
Member(s): 0
Total Online: 0
NISN
test