Pendidikan Estetika, Seni dan Budaya Kurang Diperhatikan

BAGIKAN:

facebook twitter pinterest line whatapps telegram

Oleh sumber : pppgkes.com
Selasa, 16 Agustus 2005 19:34:58 Klik: 3377
SEMARANG (KR) - Dewasa ini pendidikan estetika, seni dan budaya masih sangat lemah karena kurang mendapat perhatian di tingkat persekolahan. Untuk mengembangkannya diperlukan proses pembelajaran yang aspiratif dan menantang. Selain itu, pendidik harus mampu menumbuhkan kreativitas olah rasa bagi peserta didiknya.

Hal itu disampaikan Direktur Pendidikan Tenaga Kependidikan (PTK) Ditjen Dikti Prof Dr Sukamto pada pertemuan Forum Eks FPBS PTN/PTS se-Indonesia yang diselenggarakan Universitas Negeri Semarang (Unnes) di Semarang Minggu (24/7) lalu. Pertemuan dibuka Rektor Unnes Dr AT Soegito SH MM dengan menampilkan sejumlah pembicara di antaranya guru besar FPS yang juga Dekan FBS Unnes Prof Dr Rustono M.Hum.

"Masyarakat saat ini banyak membutuhkan teknik seni dan koreografi, namun hal itu belum muncul dan belum banyak tersentuh. Dikti banyak menyediakan dana penelitian kolaborasi pengembangan matematika dengan bahasa-seni. Diharapkan lewat kolaborasi ini, pelajaran matematika tidak lagi jadi momok siswa tetapi menjadi pelajaran yang menyenangkan"?, ujar Sukamto.

Menurut Sukamto, kenyataan di lapangan sekarang ini memang banyak siswa yang kurang menyukai pelajaran semacam Matematika, juga bahasa dan seni. Sehingga program studi kolaborasi pendidikan bahasa-seni sangat diperlukan agar mampu menanamkan olah rasa terhadap peserta didik. Perkembangan yang ada sekarang banyak menunjukkan perkembangan bahasa dan seni masih memprihatinkan dan relatif semerawut sehingga kurang disenangi siswa.

Sementara itu Rektor Unnes Dr AT Soegito MM menyatakan biaya penyelenggaraan progran pendidikan seni sangat mahal. Misalnya untuk mendidik 40 mahasiswa seni musik dan tari, maka paling tidak harus memiliki 10 piano/organ, 10 gitar dan memiliki ruang yang memadai.

Mendidik seniman memang tidak mudah tetapi perlu dilakukan secara profesional agar menghasilkan pendidikan di bidang seni ataupun seniman yang berkualitas.

Sumber: pppgkes.com

 
Berita Wawasan Seni Lainnya

Video Pilihan


Profil Kompetensi Keahlian Animasi 2021

LAUNCHING BLUD 28 SMK SE SUMATERA BARAT

Peta Jalan Pengembangan SMKN 4 Padang

JAMAIDI PELUKIS SMKN 4 PADANG YANG MENDUNIA

Kemeriahan HUT ke 78 RI di SMKN 4 Padang

Membuat Kalimat Capaian Pembelajaran di SISFO SMK4 ...

Profil Jurusan Multimedia SMK N 4 Padang

Film Surga Untuk Mama Karya Siswa Multimedia SMKN 4 ...
Login
Username:

Password:

  Registrasi?
Advance
Selamat Datang :
Guest(s): 0
Member(s): 0
Total Online: 0
NISN
test