Masuk Sekolah, Lirik SMKN 4 Padang Yuk!

BAGIKAN:

facebook twitter pinterest line whatapps telegram

Oleh arif inioke
Rabu, 07 Juli 2010 15:49:14 Klik: 6317
Klik untuk melihat foto lainnya...

Dunia pendidikan di kota Padang kembali melakukan Penerimaan Siswa Baru dengan sistem online (PSB Online) untuk tahun ke 4. SMKN 4 Padang (eks SMSR) yang ikut melakukan hajatan akbar Disdik Padang ini akan menerima 340 orang calon siswa yang siap ditempa kemampuan estetika, teknologi dan manajemennya.

Hal tersebut dikatakan Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum Jasrizal Rasyid, S.Pd saat ditemuai 1 Juli kemarin di sekolanya jalan Cengkeh Padang.

"340 orang calon siswa baru yang akan kita terima terdiri dari 7 jurusan yang ada. Masing-masing kuotanya, untuk jurusan seni Lukis diterima 36 orang, Desain Komunikasi Visual (DKV) 36 orang, Desain Interior Hotel (DIH) 36 orang, Desain Produk Kriya Tekstil (DPKT) 36 orang, Teknologi Informasi Multimedia (TIM) 36 orang, Akuntansi 80 orang dan Penjualan 80 orang. Jadi totalnya 340 orang," ujarnya.

Untuk penerimaan kuota tahun ini, SMKN 4 Padang sedikit memangkas penerimaan siswa di jurusan Teknologi Informasi Multimedia (TIM). Jika tahun lalu jurusan ini diisi oleh dua kelas, sekarang hanya satu kelas.

"Keputusan itu dilakukan karena kita mengalami kekurang di tenaga pengajar. Terutama yang berprofesi dibidang itu. Makanya dipangkas menjadi satu kelas supaya lebih fokus dan tamatan nantinya betul-betul terampil dan siap bersaing," kata Jasrizal.

Indriyedi Bakri, S.Pd, MT, salah seorang guru jurusan TIM ini mengatakan, walau dipangkas menjadi satu kelas, bukan berarti TIM mengalami kemunduran. "Kita hanya ingin fokus untuk menghasil bibit-bitit unggul, terampil, berkualitas dan siap pakai di satu kelas ini nantinya. Tentu untuk penerimaan di PSB Online ini juga dilakukan penyeleksian yang ketat," jawab guru tamatan S2 di ITB Bandung ini.

Prestasi yang ditorehkan oleh jurusan ini, berhasil mengantarkan salah satu siswanya menang juara I pada Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Sumatera Barat bidang lomba Web Design berturut-turut.

Dengan prestasi itu, SMKN 4 Padang yang jurusan TIM-nya menjadi wakil Sumbar pada lomba yang sama ditingkat nasional. "Prestasi ini kita raih dua kali berturut turut sejak tahun 2009 dan 2010. Ini bukti jurusan TIM punya skill yang patut diperhitungkan," ujarnya.

Di samping jurusan TIM, jurusan lain yang juga menjadi unggulan SMKN 4 di PSB Online tahun ini dari rumpun manajemen yaitu Akuntansi. Jurusan ini berhasil menduduki peringkat 1 pada Lomba Kompetensi Siswa (LKS) ditingkat kota Padang. Artinya jurusan ini berhasil menyaingi jurusan akuntansi di SMKN 3 dan 2 Padang yang memang dinilai bertaring di bidang tersebut. Atas prestasi itu jurusan Akuntansi SMKN 4 menjadi wakil Padang di tingkat Sumatera Barat. Diuji pada lomba yang sama di tingkat propinsi SMKN 4 berhasil bercokol di posisi runner-up atas SMKN 2 Bukittinggi.

"Ini prestasi luar biasa, jurusan akuntansi SMKN 4, baru 3  tahun berdiri tetapi telah berhasil menyaingi jurusan akuntasi lainya baik di sekolah nergeri maupun swasta. Wajar jika jurusan Akuntasi SMKN 4 menjadi jurusan aliansi Sekolah Bertaraf Internasional (SBI)," kata Jasrizal Rasyid.

Di rumpun seni sendiri, jurusan Seni Lukis juga tak kalah giatnya. Jurusan Lukis adalah jurusan pen-suplay tamatan SMKN 4 untuk giat berkarya di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Sebuah perguruaan tinggi seni negeri di Jogja yang intens menghasilkan seniman-seniman besar nasional dan dunia. Tiap tahunya pelajar SMKN 4 selalu jebol masuk perguruan tinggi ini.

 "Tahun lalu ada 4 orang pelajar kita yang masuk ISI Jogja, tahun ini ada 1 orang, dua tahun lalu ada 3 orang. Jadi cukup ketat sekali penyeleksian masuk ISI Yogyakarta. Para pelajar yang ikut berkompetisi harus siap berhadap dengan rekan-rekan sesama pelajar dari seluruh wilayah nusantara, tertutama Bali dan Yogyakarta yang memang menjadi lawan terberat Padang, untuk masuk ISI Jogja," ujar Waka yang sering berpakain gamis ini.

Rumpun seni lainya yang juga menjadi unggulan yaitu Desain Interior Hotel (DIH), yang tahun lalu mengantarkan siswanya untuk Praktek Kerja Industri (Prakerin) di Malaysia. Desain Produk Kriya Tekstil (DPKT), dan Desain Komunikasi Visual (DKV) yang sesekali menjadi kuda hitam di pergulatan dunia pendidikan seni. (*)

Sumber: www.inioke.com
http://inioke.com/konten/1838/masuk-sekolah-lirik-smkn-4-padang-yuk.html

 
Berita Berita Pendek Lainnya
Login
Username:

Password:

  Registrasi?
Selamat Datang Tamu!
Guest(s)online: 4

No Members are currently logged in.
Advertorial