Z. Hanafi: 'Kambing Hutan' Logo Porprov 2012

BAGIKAN:

facebook twitter pinterest line whatapps telegram

Oleh Arif Budiman
Rabu, 15 Februari 2012 21:40:19 Klik: 4462
Klik untuk melihat foto lainnya...
 Capricornis Sumatraensis- Sumatraensis alias kambing hutan, terpilih sebagai Maskot Porprov XII-2012 Sumbar di Kabupaten Limapuluh Kota. Kambing Hutan ditetapkan sebagai maskot Porprov oleh KONI Sumbar, setelah mendapat rekomendasi dari Pemkab Limapuluh Kota.

 “30 November 2011, kita menggelar seminar maskot Porprov. Dalam seminar yang dihadiri Bupati Alis Marajo, Ketua DPRD Darman Sahladi, pengurus KONI Sumbar dan Limapuluh Kota itu, peserta merekomendasikan  kambing hutan sebagai maskot Porpov,” ujar Kepala Bidang Olahraga Limapuluh Kota Ismail, Kamis (9/2) siang saat dirilis dari Padang Ekspres.

 Rekomendasi kambing hutan sebagai maskot Porprpov XIII tahun 2012, kemudian disampaikan kepada Gubernur Irwan Prayitno dan Ketua KONI Sumbar Syahrial Bakhtiar. Rekomendasi disampaikan lewat  surat Bupati Limapuluh Kota Nomor 426/656/Budparpora-V-LK/XII-2011 tanggal 27 Desember 2011, perihal permohonan menetapkan 3 usulan logo dan maskot Porprov.

 “Alhamdulillah, gubernur dan KONI Sumbar setuju dengan rekomendasi kambing hutan sebagai maskot Porprov 2012. Itu dibuktikan dengan Surat Keputusan KONI Sumbar Nomor 55 tahun 2012 tanggal 1 Januari 2012, tentang penetapan logo dan maskot Porprov XII-2012 Sumbar,” ujar Ismail mewakil Kadisbudpapora Zulhikmi.

Ismail mengatakan, kambing hutan yang dirancang sebagai maskot Porpov XII-2012 Sumbar oleh seniman Zainul Hanafi, merupakan satwa primadona Limapuluh Kota. Kambing hutan menyimbolkan Luak Limopuluah (sebutan lain Limapuluh Kota) yang mempunyai karakter dan semangat tinggi, serta punya tekat dan daya juang kuat.

Menurut sang perancang maskot Zainul Hanafi, kambing hutan juga menandakan tipe pekerja keras. “Bagi kambing hutan, tidak ada lurah yang dalam. Tidak ada pula lurah yang tidak bisa dituruni. Bagi kambing hutan, tidak ada bukit yang tinggi. Tidak ada pula bukit yang tidak bisa didaki,” ujar Zainul Hanafi dalam seminar, 30 November lalu.

 Ketua KONI Limapuluh Kota Nurberita Ben Yuza didampingi Sekretaris KONI Wirianto Datuak Paduko Basa Marajo menambahkan, petuah tentang kambing hutan juga sudah melekat di hati warga Limapuluh Kota. Warga Limapuluh Kota bilang, kambiang hutan nan panjang kuku, pandai malompek di batu licin. Asa kandak lai ka balaku, samo saniek lahia jo batin.

 Sebagai maskot Porprov XII-2012 Sumbar, kambing hutan tidak sendiri. Ia dikeliling bentuk dasar oval yang melambangkan jiwa persatuan. Bulek sagolong, picak salayang. Barek samo dipikua, ringan samo dijunjuang. Kemudian, kambing hutan juga diberi warna dasar biru yang merupakan warna kompetisi.

Selain dikelilingi bentuk dasar oval dan bacground dasar biru, pada bagian atas kambing hutan yang menjadi logo Porpov juga terdapat 19 lingkar yang digabung menjadi satu. Kemudian, ada pula 4 gonjong (atap) rumah adat Minangkabau, dengan warna hitam, merah kuning dan putih.
 

 19 lingkar yang digabung menjadi satu itu adalah lambang peserta Porprov yang terdiri dari 19 kabupaten/kota. Sedangkan 4 gonjong, mencerminkan orang berbudi, berakal, berilmu dan beriman. Orang yang yahu di nan ampek. Sementara warna hitam, melambangkan kearifan, merah keberanian, kuning keagungan dan putih kesucian. (*) 

 
Berita Aktual Lainnya

Video Pilihan


Kemeriahan HUT ke 78 RI di SMKN 4 Padang

Hans De Kraker KAMPANYE FILM INDONESIA DI SMKN 4 PADANG

Karya siswa multimedia SMKN 4 Padang - Juara 3 Iklan ...

Peringatan HUT SMKN 4 Padang ke 58

RAJO - film animasi karya siswa SMKN 4 Padang

Tutorial Sketchup membuat Desain Bangku/Kursi Untuk ...

SMK N 4 PADANG MENUJU KEMATANGAN FINANSIAL

Peringatan Hari Ulang Tahun SMKN 4 Padang ke 57
Login
Username:

Password:

  Registrasi?
Advance
Selamat Datang :
Guest(s): 0
Member(s): 0
Total Online: 0
NISN
test