OSIS sebagai ajang pendidikan dasar organisasi siswa

BAGIKAN:

facebook twitter pinterest line whatapps telegram

Oleh afdhal
Selasa, 23 Februari 2021 00:07:48 Klik: 439
Klik untuk melihat foto lainnya...

Organisasi Siswa Intra Sekolah atau disingkat OSIS adalah suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah di Indonesia yang dimulai dari Sekolah Menengah yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). OSIS diurus dan dikelola oleh murid-murid yang terpilih untuk menjadi pengurus OSIS. Organisasi ini memiliki seorang guru pembimbing yang dipilih oleh pihak sekolah.

Anggota adalah seluruh siswa yang berada pada satu sekolah tempat OSIS itu berada. Seluruh anggota berhak untuk memilih calonnya yang kemudian menjadi pengurus OSIS.

OSIS dipilih melalu pemulihan umum (pemilu) yang dilaksanakan di sekolah tersebut. Melalui pemilu inilah nanti didapatkan siapa yang akan di angkat sebagai ketua, wakil ketua, bendahara serta sekretaris OSIS. Dan setelah hasil pemilu diketahui, maka sistem kepengurusan telah siap di bentuk dan akan dipersiapkan untuk dilantik

Setelah dilantik kepengurusan OSIS resmi bertugas dan menjalankan tanggung jawab mereka.

Kegiatan OSIS mendapatkan dukungan langsung dari pemerintah dimana setiap sekolah tingkatan baik tingkat pertama(SMP) maupun menengah(SMA/SMK/MA) wajib memiliki organisasi ini. Organisasi Osis sendiri sudah d atur dalam UU nomor 20 tahun 2003 tentang sisdiknas.

Jadi memiliki landasan kuat dalam struktur organisasi di lingkungan sekolah tanpa adanya gangguan dalam menjalankan hak hak dan kewajiban mereka.

 
Berita Pendidikan Lainnya
Login
Username:

Password:

  Registrasi?
Selamat Datang Tamu!
Guest(s)online: 1

No Members are currently logged in.
Advertorial