Juni 20115 Berita
LUKISAN DIPANDANG SEBAGAI PROSA ATAU PUISI
Minggu, 26 Juni 2011 16:40:58
Dalam banyak teori keindahan dijelaskan, bahwa setiap manusia pastilah memiliki rasa indah dan suka dengan keindahan, baik keindahan yang bersumber dari alam maupun keindahan ciptaan manusia. Namun bila menyoal seni dikaitkan dengan keindahan, filosuf berkebangsaan Jerman, Alexander Gotlieb Baumgarten malah mempunyai pendapat lain tentang seni yakni, seni adalah keindahan, karena keindahan merupakan wujud bahkan tujuan seni.  (3731 klik)

Pergulatan Budaya dan Perjalanan Kreatif
Minggu, 26 Juni 2011 16:03:17
Dalam suatu pameran di Genta Budaya Padang, Sumatera Barat, 2008 lalu, saya melihat tiga lukisan karya Kamal Guci diantara puluhan karya kontemporernya. Lukisan Kamal Guci terlihat kesepian diantara keramaian warna-warni yang meriah itu. Saya termenung lama didepan tiga lukisan itu lalu bertanya pada seniman Edy Utama tentang latar belakang pelukisnya. Akhirnya saya sampaikan pada Edy Utama bahwa saya ingin mengoleksi dua dari tiga lukisan itu. Itulah kali pertama saya mengoleksi karya karya Kamal Guci. Kemudian ternyata koleka saya Karim Raslan dari Malaysia sudah lebih dulu membeli karya pelukis kelahiran Padang Pariaman itu.  (2741 klik)

Dr. Adirozal, M,Si : SEPERTI APA MODEL PENDIDIKAN SENI UKIR PANDAI SIKEK ?
Minggu, 19 Juni 2011 11:49:06
Catatan Muharyadi Sumatera Barat masa lampau dikenal dengan banyaknya bermunculan sentra-sentra seni kerajinan tradisional yang menyebar di berbagai tempat dan jumlahnya pun cukup spektakuler. Dari data yang ada pada dinas perindustrian Sumbar, 1980 sentra-sentra tersebut terdapat diantaranya di daerah Sungai Puar, Ampek Angkek Canduang, Koto Gadang, Galo Gandang, Pandai Sikek dan lainnya dengan beragam jenis seni kerajinan.  (2989 klik)

SATU LAGI GALERI SENI RUPA HADIR DI SUMBAR
Kamis, 16 Juni 2011 13:53:19
Satu lagi galeri seni rupa kini hadir di Sumatera Barat guna memperkaya khasanah bersenirupa guna memperkuat basis seni rupa ditengah-tengah peta seni rupa di tanah air. Galeri ini baru saja siap dibangun dan bakal dioperasikan dalam waktu dekat berlokasi di Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR) dulu bernama SSRI Negeri Padang dan sekarang disebut SMK Negeri 4, kelurahan Cangkeh Lubuk Begalung, Padang.  (2839 klik)

Galeri dan Simbol Peradaban Budaya
Kamis, 16 Juni 2011 13:38:08
Wacana pentingnya museum seni rupa didirikan di Sumaterta Barat telah lama bergulir dimulai era kepemimpinan Gubernur Harun Zain berlanjut ke zaman Azwar Anas, Hasan Basri Durin, Zainal Bakar bahkan terakhir era Gamawan Fauzi yang konsep keberadaannya didasari pertimbangan banyaknya karya-karya masterpiece yang lahir dari seniman terkemuka di tanah air asal Sumatera Barat perlu untuk diselamatkan sekaligus sebagai simbol peradaban budaya.  (3199 klik)

Login
Username:

Password:

  Registrasi?
Advance
Selamat Datang :
Guest(s): 0
Member(s): 0
Total Online: 0
NISN
test