EMBRIO SENI RUPA INDONESIA ADA DI SUMATERA BARAT

Minggu, 09 Oktober 2011 21:42:51
Membicarakan seni rupa sebagai bahagian dari kebudayaan yang ada di Sumatera Barat dapat dilihat dari 2 (dua) fokus masalah yakni : yakni fine art (seni murni) dan applied art (seni kriya). Keduanya ditinjau dari fenomena pertumbuhan dan perkembangannya sejak beberapa dekade terakhir bukan hadir begitu saja, tanpa diawali sejarah panjang yang melingakarinya. Misalnya, selain pulau Jawa seperti Yogyakarta, Bali dan beberapa daerah lain yang lebih awal dikenal masyarakat dalam dunia seni lukis. Dalam catatan sejarah peta seni rupa di tanah air ternyata Sumatera Barat sejak lama telah dikenal sebagai salah satu basis seni lukis Indonesia, cuma pertumbuhan dan perkembangannya tidak sepesat di pulau Jawa.  (3813 klik)

LUKISAN DIPANDANG SEBAGAI PROSA ATAU PUISI


Minggu, 26 Juni 2011 16:40:58
Dalam banyak teori keindahan dijelaskan, bahwa setiap manusia pastilah memiliki rasa indah dan suka dengan keindahan, baik keindahan yang bersumber dari alam maupun keindahan ciptaan manusia. Namun bila menyoal seni dikaitkan dengan keindahan, filosuf berkebangsaan Jerman, Alexander Gotlieb Baumgarten malah mempunyai pendapat lain tentang seni yakni, seni adalah keindahan, karena keindahan merupakan wujud bahkan tujuan seni.  (2114 klik)

Pergulatan Budaya dan Perjalanan Kreatif


Minggu, 26 Juni 2011 16:03:17
Dalam suatu pameran di Genta Budaya Padang, Sumatera Barat, 2008 lalu, saya melihat tiga lukisan karya Kamal Guci diantara puluhan karya kontemporernya. Lukisan Kamal Guci terlihat kesepian diantara keramaian warna-warni yang meriah itu. Saya termenung lama didepan tiga lukisan itu lalu bertanya pada seniman Edy Utama tentang latar belakang pelukisnya. Akhirnya saya sampaikan pada Edy Utama bahwa saya ingin mengoleksi dua dari tiga lukisan itu. Itulah kali pertama saya mengoleksi karya karya Kamal Guci. Kemudian ternyata koleka saya Karim Raslan dari Malaysia sudah lebih dulu membeli karya pelukis kelahiran Padang Pariaman itu.  (1401 klik)

Dr. Adirozal, M,Si : SEPERTI APA MODEL PENDIDIKAN SENI UKIR PANDAI SIKEK ?


Minggu, 19 Juni 2011 11:49:06
Catatan Muharyadi Sumatera Barat masa lampau dikenal dengan banyaknya bermunculan sentra-sentra seni kerajinan tradisional yang menyebar di berbagai tempat dan jumlahnya pun cukup spektakuler. Dari data yang ada pada dinas perindustrian Sumbar, 1980 sentra-sentra tersebut terdapat diantaranya di daerah Sungai Puar, Ampek Angkek Canduang, Koto Gadang, Galo Gandang, Pandai Sikek dan lainnya dengan beragam jenis seni kerajinan.  (1523 klik)
  Selanjutnya 
Login
Username:

Password: