Pilketos miniatur untuk menuju pemilihan sesungguhnya

BAGIKAN:

facebook twitter pinterest line whatapps telegram

Oleh aimdbest
Selasa, 06 Nopember 2007 18:48:44 Klik: 4902
Demikian dikatakan Sekretaris KPU Kota Padang Pak Deddi Ajir, SE saat memberikan sosialisasi Pilkada 2008, Pemilu 2009 tingkat pemilih pemula di SMKN 4 Padang, Kamis (1/11) lalu.

"Pemilihan Ketua OSIS (Pilketos) adalah sebuah minitur yang dilakukan oleh siswa dilingkungan sekolah untuk menciptakan demokrasi dilingkungan pendidikan tersebut. Hal ini sangat bagus sekali dilakukan, karena pelajar di sekolah menengah atas sendiri akan melakukan pemilihan yang sesungguhnya berturut-turut tiga tahun kedepan, yaitu Pilkada Walikota 2008, Pilpres 2009 dan Pilgub 2010, paling tidak dengan adanya Pilketos mereka ini sudah mengerti kenapa kita harus memilih pemimpin?, dan tak gamang lagi melakukanya nanti," bebernya

Turut hadir dalam sosialasi yang diadakan di ruang Pertemuan Majelis Guru SMKN 4 Padang itu, anggota KPU Padang yang dikomandoi Pak Deddi Ajir, SE, Kepala Sekolah Pak Drs. Jamaris, Waka Humas Bu Hj. Nirmawati, S.Pd, Waka Kurikulum Pak Jasrizal Rasyid, S.Pd, pembina OSIS Bu Hj. Yenita, sejumlah guru dan puluhan siswa dari pengurus OSIS, pengurus kelas se-lingkungan SMKN 4 Padang.

Lanjutnya diterangkan Pak Deddi Ajir, SE, Pemilihan Umum (Pemilu) adalah sarana untuk menggunakan daulat rakyat untuk memilih pemimpin mereka (rakyat-red), yang mereka nilai layak untuk memimpin negeri ini. "Jadi KPU bukanlah tujuan untuk memilih pemimpin tapi, sarana yang independen yang ada di negara ini untuk memilih pemimpin," ujarnya.

Dijelaskannya lagi, Pemilu di tahun 1999 keatas merupakan Pemilu yang menggunakan sistem profesional daftar tertutup. Ibarat "memilih kucing dalam karung", tak tau kuncing dengan warna dan bulu mana yang akan dipilih. Kita hanya diminta memilih tanda gambar tanpa ada orangnya atau calonnya

Nah, Pemilu 2004 lalu sampai sekarang merupakan Pemilu sistem profesional terbuka. Artinya, sudah diberitahu calon mana, dan dari partai mana yang akan kita coblos. Tentunya kita sudah tahu sebelumnya, karekter masing-masing calon. "Nah, sistem ini merupakan sistem pemilihan yang masih dinilai paling baik untuk diterapkan di negara kita sebagai sarana demokrasi," jelas Pak Deddi.

Selain menerangkan apa itu KPU dan pelaksanaan pemilihan umum, sosialisasi yang dimoderatori Pak Jasrizal Rasyid, S.Pd tersebut, juga diisi dengan simulasi cara mencoblos. Beberapa orang pelajar diminta untuk mempraktekan sikap cara mencoblos di bilik suara yang sudah disediakan langsung. Mulai dari peyerahan kerta surat suara sampai kepada memasukan surat tersebut ke dalam kota suara, semuanya diterangkan secara rinci oleh Pak Deddi yang saat itu didampingi oleh beberapa orang anggotanya.

Kepala SMKN 4 Padang Pak Drs. Jamaris dalam sambutannya saat itu mengatakan, beberapa waktu lalu OSIS di sekolahnya sudah melakukan pemilihan Ketua OSIS (Pilketos) yang di setting seperti Pilkada atau Pemilu sebenarnya.
"Saya menyaksikan sendiri pelaksanaan pencoblosan dan penghitungan suara, memang mereka buat seperti itu. Nah, di sosialisasi ini saya mengharapkan kepada mereka yang jadi panitia Pilketos saat itu, maupun siswa yang lainnya untuk serius memperhatikan sosialisasi ini, paling tidak hasil dari sosilaisasi ini bisa kita terapkan pada Pilketos tahun depan agar lebih baik. Juga bagi siswa yang suda berumur 17 tahun yang punya hak pilih, ikut menyimak, agar pada saat mecoblos nanti tidak terjadi kekeliruan ataupun kesalah dalam menusuk calon pilihannya," pesan kepsek mengakhiri
 
Berita Pendidikan Lainnya

Video Pilihan


Membuat Kalimat Capaian Pembelajaran di SISFO SMK4 ...

Cover lagu Tenang - Yura Yunita

Surga Untuk Mama

SMK PK Skema Pemadanan “ Kolaborasi Pendidikan Vokasi ...

PAMERAN INTERIOR KOLABORASI SEKOLAH PUSAT KEUNGGULAN ...

Karya siswa multimedia SMKN 4 Padang - Juara 3 Iklan ...

SMKN 4 PADANG BEKERJA SAMA DENGAN TNI UNTUK MENCIPTAKAN ...

SMKN 4 PADANG BEKALI SISWA UNTUK TERJUN KEDUNIA ...
Login
Username:

Password:

  Registrasi?
Advance
Selamat Datang :
Guest(s): 0
Member(s): 0
Total Online: 0
NISN
test